1 Juli 2011. Menutup bulan Juni 2011, akhirnya PT Astra Honda Motor (AHM) secara resmi meluncurkan sepeda motor sport premium, Honda CBR150R
di Hotel Grand Melia, Jakarta. Pada siang harinya sejumlah media diajak
PT AHM langsung mencicipi motor sport ini di Sirkuit Karting Sentul,
Bogor (30/6). Sebenarnya Honda CBR150R ini sudah pernah tampil di
pameran JMCS 2010.
Honda CBR150R sebelumnya sudah beredar
dan dijual melalui importir umum, bahkan klub dan komunitas Honda
CBR150R sudah terbentuk dan ada dibeberapa kota besar di Indonesia.
Jadi, tak heran lagi jika AHM mau meluncurkan, memproduksi dan
memasarkan motor ini untuk konsumen Indonesia walaupun terkesan sangat
lambat.
Honda CBR150R akan dipasarkan PT AHM
dengan tiga pilihan warna yang mewah, yaitu Red, Night Black &
Sporty RWB (red,white,blue) dengan harga Rp.33.000.000,- (On The Road Jakarta & Tangerang). AHM menargetkan penjualan Honda CBR150R sebanyak 2 ribu unit/bulan.
Honda CBR150R didukung dengan mesin
4-stroke, 150cc, DOHC, 4 valve, silinder tunggal, berpendingin cairan
(liquid-cooled) dengan Auto Fan, dan twin tube frame. Mesin ini
menghasilkan performa dan respon tarikan yang optimal serta hemat bahan
bakar dan ramah lingkungan karena telah menerapkan sistem suplai bahan
bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dan memenuhi standar emisi gas
buang Euro 2.
”Honda CBR150R merupakan The Real Sport
Bike yang memiliki mesin DOHC berkarakter balap. DNA motor balap MotoGP
bisa ditemukan pada motor ini,” ujar Yusuke Hori, President Director AHM.
Dengan kehadiran Honda CBR150R, AHM
berusaha memberikan pilihan produk yang lebih beragam beragam melalui
konsep motor sport full fairing yang terinspirasi dari model Honda
VFR1200F & CBR1000RR. Konsep ini memungkinkan pencapaian
aerodinamika yang jauh lebih efisien, kemudahan bermanuver, sekaligus
menyuguhkan tampilan yang sporti dan mewah.
Honda CBR150R juga menawarkan kenyamanan
berkendara baik untuk posisi pengendara maupun untuk pembonceng
sehingga dapat bermanuver dengan nyaman di jalan perkotaan pecinta
sepeda motor sport berperforma di perkotaan.
“Honda CBR150R kami hadirkan untuk
memberikan pilihan yang lebih beragam kepada konsumen, terutama di
segmen motor sport premium. Kami yakin produk ini dapar melengkapi
kesuksesan Honda CBR250R di segmen sport premium Honda Indonesia,” ujar
Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman.
Menurut press release AHM disebutkan
bahwa kehadiran motor Honda CBR150R ini untuk menjawab kebutuhan para
pecinta sepeda motor sport dengan performa tinggi dan nyaman dikendarai
di dalam perkotaan.
Selain itu, menurut AHM pasar sepeda
motor nasional terus bertumbuh tahun ini di semua kategori, termasuk di
kategori sport. Kendati kategori sport hanya berkontribusi 10% dari
total pasar kategori ini mencatat pertumbuhan cukup besar. Pada periode
Januari-Mei 2011, penjualan motor di kategori sport tercata sebesar
362,636 unit dan tumbuh sebesar 38,8% dibandingkan dengan periode yang
sama tahun 2010 yang lalu.
Pada periode yang sama, penjualan sepeda
motor Honda tercatat lebih besar dari pada pertumbuhan di kategori
motor sport nasional yaitu sebesar 42.1%. Adapun selama lima bulan
pertama tahun 2011 ini, penjualan motor sport Honda tercatat sebanyak
107,266 unit, sedangkan tahun 2010 lalu hanya hanya 75.486 unit.
Di antara motor sport Honda tersebut,
penjualan Honda CBR250R mencatat angka sales yang luar biasa. Hanya
dalam periode tiga bulan sejak diluncurkan, Honda CBR250R sudah terjual
lebih dari 3.000 unit. Melengkapi kehadiran Honda CBR250R di segmen
motor sport premium, AHM memperkenalkan Honda CBR150 yang diharapkan
dapat memperkuat image motor sport premium Honda di Indonesia
0 comments:
Post a Comment